Minggu, 24 Desember 2017

PPL

Praktek Profesi Lapangan ini wajibul kudu di kampus gua. Dan kemaren, gua dan temen-temen gua PPL di KUA. Ini sebenernya nga terlalu relate sama jurusan gua - Hukum Ekonomi Syari’ah - yang seharusnya kita PPL di Lembaga-Lembaga Ekonomi Syari’ah kek Perbankan Syari’ah atau BAZIS. Nah di Perbankan Syari’ah itu kita nga diterima men. Di BAZIS pun cuma nerima 2 mahasiswa. Akhirnya temen gua deh yang di BAZIS. Karena grup gua ada 4 orang.

Tapi ini bukan kali pertama gua PPL. Melainkan kali kedua pada yang sama. Sama indahnyaaa. Raisa kali ah. Wqwqw. Iya jadi gua pernah juga waktu SMK, cuma namanya PKL (Praktek Kerja Lapangan). Waktu itu gua di Kantor Pajak. Dan pernah ditulis ceritanya oleh inspirator gua disini dan disini, thank youuu Lilia Arifah! Dan tulisan ini nanti polanya sama kek tulisan Lilia, karena gua nyontek. Wqwq.

Jadi PPL ini sebenernya sama sih awal mula ceritanya pas waktu SMK. Dikira tempat PKL bakal dicariin sama sekolah eh ternyata engga. Akhirnya cari sendiri mana udah H-7 an kalo ngga salah wqwq.

Terus ujug-ujug apply ke KUA T. Dateng jam 4 pas pegawai dah mau pada pulang. Tapi alhamdulillah masih bisa masuk. Ditanganin sama Pak X yang baik dan ramah. Terus nunggu bentar karena harus dibicarain dulu sama Pak Kepala. Udah optimis banget diterima dan ternyata engga wqwq. Alesannya karena ngga ada bangku untuk kita berempat. Dan mereka juga udah nerima mahasiswa laen.

Plan B berlanjut, kita cari KUA laen. Dan disana ada kenalannya kenalan temen gua, dan “katanya” pasti diterima, yaitu KUA G. Sampe sana kasih proposal ngga sampe 5 menit terus pulang. Nanti dikabarin hari Jum’at.

Pas hari Jum’at ngga ditelpon-telpon padahal Senen udah mulai PPLnya. Akhirnya kita nelpon duluan. Dan disuruh dateng aja hari Senen untuk ketemu sama Pak Kepala, tanpa memberikan jawaban “ya, kalian kami terima PPL disini”.

And yes. Here we go! The first day~
Kita akhirnya dateng ke sana dengan deg-deg-an karena gatau diterima apa engga. Dan seperti biasa, hari pertama pasti planga-plongo kek orang bloon, mao ngomong atau nanya dah takut duluan wqwqw. Terus kita ketemu sama 2 bapak yang lagi duduk didepan, Pak Ro dan Pak Gus. Mereka nyuruh kita ke ruang penyuluh.

Pas sampe di atas. Kita ketemu sama Bu Ma dan Pak Bus, yang mereka ngga tau-menau soal PPL kita. Terus sharing soal profesi Bu Ma sebagai penyuluh. Jadi, penyuluh itu intinya yang gua tangkep adalah mereka memberikan fungsi advokasi atau pendampingan untuk masyarakat khusus kayak di Lapas, Rutan. Terus ternyata KUA itu bukan ngurusin nikah aja, tapi banyak. Kayak Wakaf, Manasik Haji, Majelis Ta’lim.

Terus pas selesai kasih materi dan bingung mau ngasih apalagi selaen aer aqua gelas. Dan mereka juga keliatannya ngga sibuk jadi ngga ada yang bisa kita bantu, akhirnya kita ke bawah. Ke ruangan TU, kalo di Kelurahan kek bagian Pelayanan gitu dah. Dan ternyata itu ruangannya Pak Ro dan Pak Gus dan yang lainnya.

Abis itu kita dikasih materi lagi soal dokumen persyaratan nganten sama Pak Gus. 

Source : Bimas Islam

buka SIMKAH dari google kalo mau tau lebih banyak lagi


Hari pertama selesai jam 10. Bukannya girang malah bingung, karena jadi sama aja kek kuliah, materi terusss wqwqw.

Hari kedua kita ngga ke ruang penyuluh lagi, tapi langsung ke ruangan TU. Terus mulai diajarin input, editing, print dokumen nikah. Mulai beradaptasi. Kalo ada nganten dateng ke kantor mao nikah langsung siap-siap nonton wqwqw. Norak.

Terus pas pulang sempet ke ruangan penghulu dulu dianter Pak Ro. Dan ngga ada satu pun yang kita tau apalagi hafal namanya, padahal di papan ruang tamu ada nama dan fotonya wqwqw. Sampe Pak Kepala KUA aja kita ngga tau nama dan orangnyaaa wqwq.

Hari ketiga dan seterusnya, kita mulai banyak nambah ilmu dan kerjaan tapi nikmatin banget asli. Mungkin karena bapak-bapak dan ibu-ibunya disini yang welcome banget. Yha walaupun nga semua sih. Wqwq. Tapi alhamdulillah kita betah.

Minggu ketiga kita buat kesalahan, yang sebenernya itu bukan pure kesalahan kita. Terus diomelin dan nangis wqwqwq. Tapi nangisnya ngumpet di masjid. Tapi ketauan juga wqwq. Udah tau di masjid ada Pak Lek yang cuma kehalau tirai doang, mana mungkin kagak denger. Gua ampe seg-seg-an, yang laen ngehibur gua “udah rin, udah rin” tapi nangis juga wqwq. Terus pas pulang maaf-maaf-an kek lebaran wqwqw.

Sempet canggung juga pas besokannya masuk karena “insiden” itu. Jadi banyak diemnya kita. Wqwq.

Tapi hari-hari selanjutnya ya cair lagi kek biasa, setelah bapak-bapak dan ibu-ibu menenangkan kita.
“udeh gosah dipikirin”
“jangan dimasukin ke hati”
“orang kerja pasti ada salahnya”

Minggu keempat udah mulai “songong” wqwq. Jadi, Pak Lek ini kepala TU. Dan Pak Lek ini ngga pernah marah biar kata masalah seribet apapun juga kaga marah. Dan kalo ditanya apalagi diledekin jawabannya cuma 3. Iyaiyaiya. Ehehehe. Siaaap.

Nah kalo kita di suruh apa lagi becanda, jawabnya ya tadi ngikutin Pak Lek.
:D 
Oh iya, waktu itu juga ada momen yang di luar dugaan, dimana Pak X dari KUA T dateng ke sini. Awkward banget wqwq. Pas awal dateng, Pak X ini salamin satu-satu orang terus gua diem merhatiin sambil nginget-nginget ini siapa kek gua kenal. Eh si Yuli nyeletuk “lah ini kan bapak X yang di KUA T”. Terus gua bilang lumayan kenceng ini kan bapak yang nolak kita. Wqwqw. Pak Ro langsung “wah lu bib, parah lu. Ini namanya Pak Bib”. Dan Pak Bib langsung tawa-tawa wqwq terus ngejelasin kalo di KUA T tuh ngga ada bangku. Terus Pak Ro sautin lagi “alah boong itu, alesan doang” wqwqw. Kita semua ketawa dan Pak Bib pamit.

Nah di hari-hari terakhir, kita minta materi sama penghulu, Pak Is. Materi tentang nikah. Wqwq. Nikah lagi, nikah lagi ya yang dikasih wqwq. Kelar dari sini khatam dah gua soal nikah wqwqw. Pret.
Sebenernya penghulu ada 6 di sini, termasuk Bapak Kepala. Cuman yang suka bolak-balik ke ruang TU dan suka ngobrol itu Pak Is dan Pak Tah. Nah Pak Tah ini kita minta ngisi materi ngga mao wqwq. Ini penghulu emang rada laen dah dari yang laen. Udah kocak dengan ngenalin dirinya ke kita make kata “Om” terus ngomong Microsoft jadi Mikroskop wqwqw, makan mulu – gorengan di ruangan TU suka dicomotin – terus ketawa mulu wqwq tapi dah haji dua kali dan jago sari tilawah men.

Padahal cuma sebulan di sana tapi ngena banget dan banyak pelajaraaan yang bisa di bawa pulang, utamanya soal nikah. Gua sedih banget kalo ada yang mau nikah karena MBA.

Gua juga pernah diminta Pak Is ngetikin Ijab Qobul bahasa Turki, karena yang nikah orang Turki sama orang Indonesia men. Wqwqw. Jodoh bisa begitu ya, keren.

Terus, kita juga ikut SUSCATEN – Kursus Calon Penganten. Jadi kursus ini ada di setiap KUA Kecamatan setiap bulan. Nah kalo range harinya beda-beda. Kalo di Jakarta itu cuma 2 hari. Kalo di Aceh itu sampe seminggu. Gua ngikutin kalo pematerinya asik. Kalo bosen dan ngantuk kagak dah wqwqw. Nah ada salah satu yang menarik perhatian gua. Pak Fin. Beliau bahas tentang Keluarga Zaman Now yang isinya adalah tentang kodratnya lelaki dan perempuan, terus gimana dengan rumah tangga yang suami-istrinya bekerja. Dan yang gua seneng adalah, beliau ngga menyalahkan atau membenarkan setiap perspektif caten – calon penganten – tentang itu. Beliau cuma kasih rambu-rambu yang mungkin akan terjadi, sehingga caten itu nanti siap kalo misalkan itu terjadi, gitu.

My married my adventure. Don't worry. Be happy.

SUSCATEN ini juga kemaren ada KESPRO – Kesehatan Reproduksi, kalo kemaren sih CPW – Calon Penganten Wanitanya di imunisasi TD (Tetanus Difteri) yang lagi marak sekarang. Ternyata gua juga baru tau sih kalo kita itu sebagai Caten, idealnya melakukan pemeriksaan dulu sebelum pernikahan, apalagi HIV. Poin penting banget kan ini.

Last day~
Satu hari sebelum hari terakhir kita beli Jam Dinding buat di ruang TU. Karena jamnya di sana banyak banget tapi ngga ada yang nyala wqwq. Terus beli dan dihias ama Ipeh kardusnya pake spidol, biar sangkanya pizza wqwq.

Hari terakhir masih kerja kek biasa, terus gua sama Yuli ambil makan siang yang kita pesen buat orang sekantor. Ya sebagai rasa terima kasih kita karena sudah diterima dengan baik di sini.

Pas masih siang, Pak Gus nguarin kameranya, karena kita juga dah ngga sabar pen foto-foto dan bu Ri juga udah pen pulang aja. Kita tahan buat foto sebentar padahal abang gojeknya dah sampe wqwq.
Selesai foto-foto bareng, terus kita kasihin jamnya. Bilangnya ini pizza. Eh Pak Ro tau aja kalo itu jam wqwqw. Terus,
Pak Ro : “ntar maen lagi kemari ye, tapi gosah bawa makanan”
Gua        : “terus bawa apa pak?”
Pak Ro : “bawa pizza beneran”
Iyaiyaiyaiya wqwq.

Terus pas pamit, gua nangis sama Muti. Melankolis banget woy. Wqwq. Sedih sih apalagi pisah sama Pak Ro yang kocak bet yang udah namain “Geng Odong-Odong” wqwq dan Pak Gus yang ngemong kita banget, sampe gua selesai bikin surat keterangan PPL itu terus Pak Gus ngarsipin ke buku catetannya ditulis begini :’D


Terima kasih banyak Bapak Kepala, Pak Penghulu, Pak – Ibu Penyuluh, Pengawas, dan Bapak – Ibu TU, juga Bu Bar, Po El.


Thank you, KUA.
         

0 komentar:

Posting Komentar